Home > Aktifitas Wisata > Tips Mencari Wisata Kuliner Halal Di Jepang Dan 5 Rekomendasi Kuliner Halal Jepang Enak!

Tips Mencari Wisata Kuliner Halal Di Jepang Dan 5 Rekomendasi Kuliner Halal Jepang Enak!

PlesirDunia.com – Tips Mencari Wisata Kuliner Halal Di Jepang Dan 5 Rekomendasi Kuliner Halal Jepang Enak!

Saat ini Jepang masih menjadi salah satu negara populer dijadikan sebagai tujuan wisata untuk berlibur. Berbagai lokasi indah menjadi daya tarik utama bagi travellers dunia untuk mengunjungi Jepang. Negara Sakura ini juga semakin menarik dengan sajian aneka ragam kuliner yang lezat yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja! Sayangnya, masih banyak wisatawan yang ragu untuk berlibur ke jepang, terutama turis dari negara-negara Muslim. Hal ini dikarenakan kekhawatiran mereka yang mengetahui Jepang bukanlah merupakan negara Muslim. Jadi, yang terpikir secara sekilas adalah kesulitan untuk menemukan kuliner halal. Meskipun begitu, hal ini sebenarnya bukan menjadi alasan yang menghambat kamu untuk bisa liburan ke Jepang. Kamu masih bisa kok menemukan berbagai kuliner halal di Jepang, asalkan mengikuti tips dan trik mencari kuliner halal di jepang yang PlesirDunia.com bagikan ini ya, travellers!

Tips Dan Trik Mencari Kuliner Yang Halal Di Jepang Dengan Mudah

1. Tak Semuanya Berbahan Dasar Pork, Cari Makanan Yang Berbahan Dasar Olahan Laut Saja, Travellers

Foto: unsplash

Jangan salah sangka dulu, travellers! Ketahuilah sebenarnya mudah lho mencari makanan halal saat liburan ke jepang. Pada dasarnya, kebanyakan makanan Jepang memiliki bahan dasar hewan laut, seperti ikan, cumi, atau scallop yang pastinya halal untuk dikonsumsi. Bahkan, beberapa aneka olahan laut disajikan dengan kondisi masih segar seperti yang terdapat pada sushi atau sashimi. Yang perlu kamu waspadai adalah pada saus pendampingnya yang biasanya mengandung sake. Selain menu tersebut, kamu juga bisa pilih alternatif hidangan lainnya dengan mencoba unagi yang merupakan belut jepang, tempura, atau yaki sakana. Yummy! 

Catat juga juga kategori hewan, daging dan ekstrak hewan, beserta huruf kanji yang wajib dikenali dan dihindari oleh wisatawan muslim berikut ini : babi (豚), daging babi (豚肉), ekstrak daging babi (豚のエキス), ayam (チキン), daging ayam (鶏肉), ekstrak daging ayam (チキンエキス), sapi  (牛), daging sapi (牛肉) dan ekstrak daging sapi (牛肉エキス). Perhatikanlah bahwa ayam dan sapi akan jadi halal bila disembelih sesuai syariat Islam. Namun faktanya, di Jepang mayoritasnya bukan penduduk Islam. Jadi, selain mencermati huruf kanji makanan yang dilarang untuk wisatawan muslim, kamu sebaiknya hindari juga olahan makanan dari bahan daging ketika liburan ke jepang kecuali restorannya sudah ada label halal ya, travellers!

2. Tak Mau Repot Membaca Kanji Atau Masih Ragu? Datanglah Saja Ke Restoran Timur Tengah!

Foto: unsplash

Untuk meminimalisir rasa ragu di dalam hati ketika berburu kuliner di jepang, kamu bisa mencoba datang ke restoran ala timur tengah yang mudah kamu temukan di Shibuya, Roppongi, atau Setagaya. Ini adalah alternatif paling aman yang bisa kamu pilih sebagai opsi untuk mencari makanan halal jepang. Restoran timur tengah biasanya menyajikan makanan-makanan yang berasal dari negara muslim seperti Pakistan, Turki, India, atau Malaysia. Tentu saja pastinya makanan yang disajikan halal sehingga kamu tak perlu ragu lagi untuk menyantapnya.

3. Jika Ingin Makan Ramen, Jangan Lupa Menanyakan Bahan Kaldunya Ya!

Foto: pinterest

Berlibur ke jepang tak akan lengkap bila kamu belum mencoba ramen jepang. Namun, tentunya wisawatan muslim harus lebih berhati-hati sebelum membelinya. Pastikan sebelum memesan, kamu sudah menanyakan bahan utama dalam kaldunya terlebih dulu. Umumnya, kaldu ramen jepang terbuat dari bahan yang beragam seperti kaldu babi, ayam, ataupun sapi sebagai penyedap rasa makanan agar lebih terasa nikmat.

Jadi, untuk persiapan liburan ke jepang kamu juga sangat disarankan mencatat huruf kanji yang berkaitan dengan kategori lemak (脂肪), diantaranya adalah : lemak hewani (動物性脂肪), lemak olahan (加工脂肪), lemak babi yang telah diolah atau lard (ラード), lemak sapi (牛肉). Bahan seperti margarin (マーガリン), mentega (ショートニング), atau mentega hewani (動物の短縮) yang banyak ditemukan dalam campuran bahan roti, kue kering, dan cake. Dengan begini, kamu akan bisa lebih hati-hati ketika memesan kuliner di jepang. Paham ya, travellers?

4. Berencana Membeli Oleh-Oleh Makanan Halal Dari Jepang? Cari Saja Toko Makanan Halal Jepang!

Foto: pinterest

Semenjak Jepang gencar mempromosikan wisata halal kepada turis di negara-negara muslim, Jepang sekarang lebih muslim-friendly. Bahkan kini sudah banyak toko di Jepang yang menjual berbagai makanan halal yang lokasinya pun cukup strategis dan mudah ditemukan di pusat kota. Misalnya saja seperti Gyomu Super, sebuah pusat belanja lokal jepang yang menjual makanan-makanan halal secara lengkap. Bahkan di kemasan makanan sudah ada label halalnya sehingga kamu bisa mudah memilihnya, terutama ketika membeli tipe makanan snack untuk oleh-oleh.

Belum Tahu Beli Kuliner Halal Jepang Dimana? Intip Saja Rekomendasi Kuliner Halal Di Jepang Berikut Ini!

Rasanya nggak lengkap ya kalau sudah membagikan tips mencari wisata kuliner halal di jepang namun tidak memberikan rekomendasi kuliner jepang enak! Nah, jika kamu masih bingung memilih restoran halal yang ada di Jepang, coba saja beberapa rekomendasi yang sudah dikurasi oleh PlesirDunia.com di bawah ini untuk mendapatkan makanan halal di Jepang! Check this out!

tips-mencari-wisata-kuliner-halal-di-jepang-dan-5-rekomendasi-kuliner-halal-jepang-enak

1. Malay-chan, Resto Halal Malaysia Favorit Turis Muslim

Foto: pinterest

Restoran yang ada di Tokyo ini merupakan salah satu restoran halal yang cukup ramai dkunjungi di negara Jepang. Bahkan restoran ini sudah mendapatkan seritifikat halal langsung dari pemerintah Malaysia. Semua makanan yang dijual di tempat ini halal kecuali sake-nya. Ada beberapa menu enak yang dijual di Malaychan, mulai dari mie kenyal kuah santan (mie laksa), nasi goreng kampung, serta olahan ayam khas dari Malaysia.

2. Lapar Ketika Jalan-Jalan Di Shibuya? Cicipi Saja Kuliner Halal Di Hanasakaji-san!

Foto: travalogy.com

Berada di Shibuya, Tokyo, tempat makan ini memiliki menu andalan shabu-shabu yang lezat dan patut untuk kamu coba! Selain itu, kamu juga wajib cobain menu washoku yang menjadi andalan di restoran ini. Kedua menu tersebut sudah terjamin halal lho, travellers! Karena bahan makanan yang digunakan seperti irisan daging sapi yang sudah disertifikasi halal dan diolah dengan bumbu saus wijen yang membuat rasa daging sapi begitu lumer di dalam mulut. Restoran ini juga kerap menjadi rekomendasi bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke Jepang.

3. Menikmati Yakiniku & Shabushabu Jin Lezat Di Osaka

Foto: travalogy.com

Berada di Osaka, Jepang, restoran ini menawarkan banyak sekali makanan-makanan halal. Lokasinya berada di Matsuyamachisumiyoshi dan buka setiap hari mulai dari jam 5 sore hingga 10 malam. Menu utamanya adalah Yakiniku, yang merupakan olahan daging sapi yang dibumbui dan dibakar. Kemudian, ada pula makanan Shabu Shabu yang berisikan berbagai macam sayuran, irisan daging tipis, serta disajikan menggunakan saus wijen. Daging sapi yang disajikan halal, sehingga anda tak perlu ragu untuk memakannya.

4. Mencicipi Kenikmatan Takoyaki, Snack Ala Jepang Di Matsuri

Foto: pinterest

Menu yang ada di tempat ini cukup beragam, mulai dari ramen, takoyaki, dan okonomiyaki yang lezat. Jangan khawatir, travellers! Semua makanan di tempat ini halal kok sehingga aman dikonsumsi oleh wisatawan muslim. Salah satu menu makanan yang paling digemari di tempat ini adalah takoyaki, sebuah snack ala jepang yang dibuat dari bahan tepung dicampur dengan gurita sebagai topping-nya. Bahkan, bila jajan di Matsuri, pembeli bisa memasak sendiri takoyaki sesuai yang diinginkan lho! Seru juga kan?

5. Pecinta Kuliner Sushi? Wajib Nih Ke Ganko Sanjo Honten!

Foto: travalogy.com

Restoran ini menyajikan makanan laut dari ikan segar dan beroperasional dari jam 11.00- 23.00. Menu utamanya adalah sushi yang dijamin halal dan lezat! Bahkan, sushi yang dijual disini juga cukup beragam lho menunya, tak hanya ikan saja, tapi juga ada scallop, gurita, dan belut yang disajikan otentik ala jepang. Atau kamu juga bisa mencicipi ayam panggang dan tempura. Super yummy deh, travellers!

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi makanan halal yang bisa kamu temukan saat liburan ke negeri sakura. Dengan begitu, kamu pun kini tak perlu khawatir lagi bila ingin wisata kuliner halal di jepang deh! Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu ya, travellers! Bila punya rekomendasi atau tips lain untuk berburu makanan halal di jepang, yuk saling share di komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *