Home > Aktifitas Wisata > Singgah Ke Big Apple. Ketahui Dulu 9 Hal Esensial Yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Berangkat Liburan Ke New York

Singgah Ke Big Apple. Ketahui Dulu 9 Hal Esensial Yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Berangkat Liburan Ke New York

PlesirDunia.com – Singgah Ke Big Apple. Ketahui Dulu 9 Hal Esensial Yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Berangkat Liburan Ke New York

Tahukah kamu bila kota dengan julukan The Big Apple ini sempat menjadi ibukota Amerika Serikat? Awal peristiwa ini dimulai ketika George Washington dipilih menjadi presiden pertama Amerika Serikat pada bulan April 1789. Saat itu, New York ditetapkan mejadi ibukota oleh Kongres. Namun kemudian, pada tahun 1790, gelar ibukota dicabut, dan dipindah ke Washington D.C. hingga saat ini. Fakta menarik lainnya, ternyata julukan The Big Apple sendiri juga tidak ada hubungannya dengan buah apel lho, travellers!



Awalnya, penggunaan nama The Big Apple ini mengarah pada pacuan kuda dan stadion terbesar di New York yang populer pada dekade 1920-an. Editor Daily Sports Bulletin, John J. Fitz Gerald-lah yang mempopulerkan sebutan ini. Gerald mendengar teriakan riuh penonton “The Big Apple” saat meliput pertandingan. Popularitas julukan ini kemudian lanjut pada dekade 1930-an dimana para musisi jazz menggambarkan kelompok musik terbesar di New York dengan sebutan The Big Apple. Menarik sekali ya sejarahnya? Nah, itu baru dua dari sekian banyak fakta unik dari New York. Mari simak ulasan PlesirDunia.com lebih detail berikut ini!

1. Sebelum Pergi Menjelajahi New York, Pahami Dulu Arti Dari ‘Downtown’

Foto: shutterstock.com

Secara harfiah, Downtown memiliki arti pusat kota. Namun, bila kamu sedang wisata ke New York dan ada seseorang yang mengatakan akan pergi ke Downtown, ketahuilah bukan berarti ia akan pergi ke pusat kota. Di New York, khususnya Manhattan Downtown, hal ini bisa berarti pergi ke arah selatan atau pergi ke salah satu lingkungan di sekitar nama suatu jalan yang ada di New York. Contoh, kalau ada seseorang berada di sekitar 79th street, dan berkata “Saya akan ke Downtown“, itu bisa berarti ia akan kemana saja di sekitar 78th street. Memastikan dirimu memahami hal ini terlebih dahulu tentu akan membantumu menghindari kebingungan ketika bertanya tentang arah ke penduduk setempat di New York.

2. Waktu Terbaik Untuk Berkunjung Ke The Big Apple Adalah Saat Musim Semi

Foto: Pinterest

Bulan Januari sampai Februari bisa dibilang sebagai puncak musim dingin di New York dengan suhu rata-rata 0 derajat celsius. Bahkan, di beberapa waktu suhunya bisa sampai minus lho, travellers! Jadi, banyak juga wisatawan yang menghindari musim dingin karena harus membawa jaket tebal, yang berarti juga menambah beban bawaan. Selain itu, musim dingin juga beresiko adanya badai salju, yang menyebabkan banyak pertokoan dan transpotasi tutup. Waktu terbaik untuk datang ke kota ini adalah ketika musim semi sekitar bulan April dimana New York mulai menampakkan kecantikkannya. Sedangkan, di musim panas dan gugur, cuacanya akan lebih bersahabat bagi kamu yang berasal dari negara beriklim tropis.

3. Menuju Puncak Empire State Building Tidak Begitu Sulit, Lho Travellers!

Foto: cdn.getyourguide.com

Empire State Building adalah gedung pencakar langit yang harus kamu kunjungi ketika liburan ke Amerika Serikat. Gedung ini terletak di Manhattan Fifth Avenue, diantara Jalan West 33rd dan 34th. Faktanya, jika bagian menara ikut dihitung, maka gedung ini memiliki 102 lantai dengan tinggi mencapai 443 meter. Perhatikanlah, lebih baik hindari membeli dari calo tiket yang menunggu di sekitar pintu masuk gedung ya, travellers! Karena untuk mencapai puncak Empire State Building, sebenarnya kamu bisa membeli tiket terlebih dahulu di lantai 2 gedung. Di puncak gedung ini, kamu akan bisa menemukan pemandangan yang sungguh menakjubkan persis seperti di film King Kong yang sempat mempopulerkan Empire State Building.

4. Spot Terbaik Saat Wisata Ke Patung Liberty Yang Ikonik

Foto: unsplash.com

Monumen Liberty merupakan simbol sekaligus ikon bagi para imigran yang juga menjadi lambang kebebasan, serta perayaan 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat. Jika kamu ingin menikmati Statue of Liberty dari atas air, naiklah kapal feri yang menuju ke Staten Island. Menariknya, kapal ini berlayar setiap hari 24 jam dan kamu bisa menumpang di kapal ini gratis lho, travellers! Ketahuilah, ada dua dermaga yang biasa digunakan sebagai titik keberangkatan, yaitu Battery di Lower Manhattan dan Liberty State Park di New Jersey. Dengan naik kapal, kamu bisa melihat Patung Liberty dari dekat sekaligus belajar mengenai sejarah berdirinya.

5. Sejenak Melepas Penat Di Central Park, New York

Foto: travelonline.com

Central Park adalah taman umum yang terletak di Manhattan dan dibuka pada tahun 1857 dengan luas 341 hektar. Kamu bisa menghabiskan waktu disini dengan aktifitas jalan santai, jogging, lari atau bersepeda di Central Park. Ada juga arena ice skating dan kolam renang Lasker yang terletak diantara 106th dan 180th street. Saat musim dingin, arena ini digunakan untuk arena ice skating. Sedangkan, saat musim panas biasanya digunakan menjadi kolam renang. Central Park juga menyediakan bebatuan besar yang biasa digunakan untuk latihan memanjat. Untuk menuju taman ini kamu bisa naik kereta N, R dan W turun di 59th street. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju jalur 2, dan kemudian turun di Central Park North/110th street.

6. Wajib Lho Memberikan Tipping Saat Wisata Belanja Di Times Square

Foto: renaissance-hotels.marriott.com

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Times Square adalah setelah jam kerja atau sekitar jam 3 pagi. Ya, jangan berpikir jam 3 pagi di New York masih terlalu dini untuk keluar hotel dan berbelanja! Karena di waktu tersebut, kamu bisa mendapatkan ketenangan dan keleluasaan untuk berbelanja tanpa terganggu dengan banyaknya lalu lalang orang. Ketahuilah juga bahwa kota New York memiliki budaya tipping. Jadi, pastikan kamu memiliki sejumlah uang untuk memberikannya kepada pelayan atau sopir yang mengantarmu ke destinasi wisata populer amerika serikat ini. Rata-rata standar tipping di New York adalah 18-20% dari total pembelian. Tapi, bila kamu merasa mendapatkan pelayanan kurang baik, memberikan tip sebesar 15% saja sudah cukup kok, travellers!

7. Menyaksikan Berbagai Peninggalan Sejarah Dunia Di Metropolitan Museum of Art Terbaik

Foto: zealnyc.com

Metropolitan Museum of Art New York memiliki jam operasional mulai pukul 10.00 sampai 18.30, dan hari Jumat-Sabtu buka sampai pukul 21.00. Secara umum, museum ini mengenalkan perkembangan seni di New York. Sebagai pengunjung museum, kamu pun bisa menemukan karya seni dari belahan dunia manapun di museum ini, mulai dari lukisan, patung, hingga karya seni keramik yang menawan. Beberapa koleksi yang menarik adalah replika Spinx dan gerbang pintu kuno. Bagi pecinta sejarah dunia, tentu liburan ke new york tak akan lengkap jika tak mampir ke Metropolitan Museum of Art New York!

8. Temukan High Line Park, Bekas Rel Kereta Api Yang Menjadi Taman Cantik

Foto: Pinterest

High Line Park awalnya adalah bekas rel kereta api yang kemudian disulap menjadi sebuah taman kota yang berlokasi di Manhattan’s West Side. Sebenarnya, pada tahun 1999 bekas rel kereta api ini sudah akan dihancurkan. Namun, sekelompok warga lokal yang tergabung dalam Friends of The High Line mendorong agar lokasi ini diubah menjadi taman. Usaha ini nyatanya tidak sia-sia. Karena, kini jalan layang rel kereta yang tak berfungsi ini sudah berubah menjadi taman cantik yang cocok bagi kamu yang ingin rileks sejenak.

9. Wisata Napak Tilas Di National September 11 Memorial

Foto: upload.wikimedia.org

Pada bulan Agustus 2006, pemerintah New York membangun National 11 Memorial & Museum yang merupakan sebuah monumen untuk mengingat sebuah peristiwa tragis 11 September 2001. Ketahuilah, sekitar 2.000 orang lebih menjadi korban tewas dalam serangan ke gedung WTC di New York. Kini, kawasan tersebut berubah menjadi destinasi wisata menarik untuk liburan ke New York. Kamu bisa jalan-jalan di taman sekitar monumen atau mengunjungi museum yang menampilkan ribuan foto, artefak, dan sejarah lisan dari para korban yang tewas dalam serangan tersebut.



Bagaimana, tertarik liburan ke new york? Yuk, mulai siapkan tiket pesawatmu dari sekarang! Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah jika kamu punya pengalaman unik atau cerita menarik seputar liburan ke New York untuk dibagikan kepada travellers sahabat PlesirDunia.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *