Home > Aktifitas Wisata > Liburan Ke New Zealand, Inilah Panduan Lengkap Mengenai Cuaca, Visa, Destinasi, Transportasi Hingga Akomodasi!

Liburan Ke New Zealand, Inilah Panduan Lengkap Mengenai Cuaca, Visa, Destinasi, Transportasi Hingga Akomodasi!

PlesirDunia.com – Liburan Ke New Zealand, Inilah Panduan Lengkap Mengenai Cuaca, Visa, Destinasi, Transportasi Hingga Akomodasi!

Punya rencana jalan-jalan ke New Zealand? Apakah kamu berencana pergi kesana bersama pasangan, keluarga, atau perjalanan solo, New Zealand memiliki beragam destinasi dan aktifitas travel yang mengakomodasi berbagai kebutuhan liburanmu. Bentang alam serta pemandangan yang indah akan memberikanmu pengalaman liburan yang unik saat ke Selandia Baru. Mulai dari adventure, menikmati alam bebas, ke museum, atau sekedar mencicipi kuliner dan wine lokal, semua tersedia di New Zealand!

Berikut PlesirDunia.com memberikan panduan praktikal dan informasi perjalanan penting sebelum berangkat ke New Zealand. Check this out!



Waktu Terbaik Untuk Liburan Ke New Zealand Berdasarkan Kondisi Cuaca

Foto: unsplash

Secara umum, New Zealand memiliki kondisi cuaca yang sejuk, dimana bagian utara menyajikan kondisi cuaca subtropis dan bagian selatan terasa sedikit lebih panas. Walaupun begitu, New Zealand adalah negara yang bisa dikunjungi di berbagai musim. Tersedia beragam atraksi maupun aktifitas liburan yang bisa dilakukan di setiap musimnya.

Musim Panas: Desember – Februari

Selama musim panas dengan suhu sekitar 21-32 celcius, traveller bisa memilih destinasi liburan di sekitar pantai dan danau yang tersebar di berbagai titik kota di New Zealand. Aktifitas yang bisa dilakukan tentunya tidak jauh dari berjemur di pinggir pantai, bermain pasir pantai yang bersih dengan anak-anak, ataupun berlayar ke tengah laut menikmati pemandangan alam New Zealand yang luar biasa indah!

Musim Gugur: Maret – Mei

Saat musim gugur, New Zealand menyajikan udara sejuk dengan temperatur antara 7-21 celcius. Traveller akan ditemani oleh hari cerah yang panjang dengan suasana daun warna-warni khas musim gugur. Aktifitas yang bisa dilakukan saat musim gugur, diantaranya hiking, olahraga kayak, atau bersepeda menyusuri pegunungan atau danau yang indah di New Zealand!

Musim Dingin: Juni – Agustus

Saat musim dingin, bila kamu liburan ke New Zealand, maka cuacanya akan berada pada suhu 1.5-15.5 celcius dimana salju akan menyelimuti gunung-gunung dan beberapa negara bagian di New Zealand. Habiskan hari yang cerah saat musim salju dengan bermain ski, mengunjungi pusat kilang anggur, atau ikut bergabung di festival-festival musim dingin yang seru.

Musim Semi: September – November

Tumbuhan dan bunga yang mekar penuh warna, akan menemani langkah traveller ketika mengunjungi New Zealand saat Musim Semi. Dengan temperatur 4.5-18 celcius, inilah waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi air terjun di Selandia Baru.

Itulah cuaca dan temperatur di New Zealand sepanjang tahun. Setiap musim tentu memberikan kesan yang berbeda-beda. Traveller bisa menyesuaikan kedatangan dengan suasana musim yang ingin dinikmati.

Sulitkah Mengurus Visa Ke New Zealand?

Foto: expatnetwork.com

Seperti pengajuan aplikasi visa untuk masuk ke suatu negara pada umumnya, traveller harus menyiapkan dokumen-dokumen penting terlebih dahulu. Pastikan juga saat kedatangan ke New Zealand, masa berlaku paspormu masih berlaku paling tidak 3 bulan sebelum expired. Berikut beberapa pilihan visa new zealand yang bisa di-apply untuk bisa masuk ke negara kiwi ini.

Visa Liburan Ke New Zealand

Tidak semua negara mengharuskan warganya wajib mengurus visa sebelum masuk New Zealand. Ada tiga kategori pelancong yang tidak memerlukan visa masuk ke new zealand, yakni:

– Warga negara/Penduduk Australia & New Zealand.

– Warga negara/Pemegang paspor Inggris (bisa tinggal di NZ hingga 6 bulan lamanya).

– Warga negara yang Pemerintahannya telah memiliki perjanjian visa waiver (bisa tinggal di NZ hingga 3 bulan lamanya).

Bila negaramu tidak berada di dalam kategori di atas, maka wajib mengurus visitor visa new zealand terlebih dahulu sebelum memasuki negara kiwi tersebut. Cara paling mudah apply visitor visa new zealand adalah melalui online. Setiap traveller yang sudah memiliki visa NZ akan diberikan izin tinggal di new zealand hingga 9 bulan lamanya.

Bagi traveller berusia di atas 12 tahun yang berada di dalam daftar ini dan memiliki paspor biometrik (electronic passport), tersedia layanan eGate di bandara Auckland, Wellington, Christchurch, dan Queenstown. Dengan fasilitas ini, traveller bisa menyelesaikan prosedur pengecekan di bagian Customs dan Immigration lebih cepat dibandingkan menggunakan paspor biasa.

Visa Working Holidays Bagi Traveller Yang Ingin Bekerja Sekaligus Berlibur di New Zealand

Working holiday visa tersedia untuk kalangan muda berusia 18-30 tahun (atau 18-35 tahun untuk beberapa negara terpilih). Dengan menggunakan visa working holidaytraveller bisa tinggal di New Zealand hingga 12 bulan, atau 23 bulan bila berasal dari Inggris.

Untuk memiliki visa working holiday ini tentu saja harus memenuhi persyaratan dokumen visa, dan sudah memiliki: 1) Tiket penerbangan PP, atau uang tunai setara dengan harga tiket PP; dan 2) Memiliki tujuan liburan sebagai tujuan utama kedatangan, dan bekerja sebagai agenda secondary.

Visa Bekerja dan Menetap Secara Permanen

Apabila setelah travelling ke new zealand, kamu berencana kembali lagi kesana untuk bekerja selama beberapa tahun disana, atau bahkan berencana menetap, tentunya kamu perlu memiliki visa kerja atau resident visa.Untuk mendapatkan visa kerja, kamu harus sudah diterima oleh perusahaan lokal sebagai karyawan, baru bisa apply visa kerja ke new zealand.

Pelajari lebih lanjut soal bekerja d new zealand, termasuk profil industri, tips dan trik mencari kerja di new zealand, juga informasi tentang situs lowongan kerja di New Zealand Now.

Transit di New Zealand/Australia

Apabila kamu ingin liburan ke New Zealand melalui bandara di Australia, kemungkinan traveller yang berkunjung transit juga harus memiliki visa Australia. Untuk memastikan lebih lanjut, kamu bisa mengontak travel agent atau maskapai penerbangan yang akan membawamu ke New Zealand. Visa transit ini juga dibutuhkan untuk semua traveller yang melakukan perjalanan melalui New Zealand.Saat kedatangan di New Zealand, traveller juga wajib mengisi Passenger Arrival Card sebelum melewati area Customs.

Kartu ini biasanya diberikan di dalam pesawat saat penerbangan. Atau kamu bisa mengambil dan sekaligus mengisinya di area kedatangan bandara.Jangan lupa untuk selalu menyimpan dokumen penting ke dalam e-mail, sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan saat berada di New Zealand langsung bisa diurus.

Do & Dont’s Barang Yang Dibawa Masuk ke New Zealand

Foto: odt.co.nz

Selesai dengan urusan pengecekan paspor dan visa, selanjutnya traveller baru bisa mengambil koper untuk kemudian melewati area customs dan biosecurity. Beberapa item kemungkinan tidak diizinkan masuk ataupun harus melalui proses pelaporan di customs saat kedatangan di NZ, seperti makanan, tanaman, binatang, dan peralatan rekreasi outdoor.

Tak hanya melalui proses pengecekan X-Ray, anjing pelacak pun juga akan memeriksa setiap koper yang masuk ke New Zealand. Sebaiknya, sebelum berangkat ke New Zealand, masing-masing traveller mengecek terlebih dulu daftar barang bawaan yang boleh dan tidak boleh masuk ke new zealand disini.

Beragam Pilihan Destinasi Liburan New Zealand. Pilih Mana Ya? 

Ada beberapa kota di new zealand yang layak dikunjungi sebagai destinasi liburan. Check this out!

Auckland, Kota Metropolitan Terbesar di Selandia Baru

Foto: travalogy.com

Ditinggali oleh kurang lebih sekitar 1,3 juta penduduk, Auckland berada di Pulau Utara, Selandia Baru. Lokasinya tepat di antara dua garis pantai yang kontras, sehingga Auckland bisa menyajikan suasana kota sekaligus pemandangan alam yang luar biasa bagi traveller yang datang ke kota ini. Tak heran, Auckland mendapatkan predikat sebagai salah satu kota yang paling nyaman untuk ditinggali di dunia.

Bagi pelancong yang suka berwisata belanja, Queen Street, Highstreet, dan Chancery adalah tempat yang tepat untuk berbelanja. Atau bisa mempir ke Newmarket, sebagai pusat label internasional yang dimiliki oleh perancang mode ternama. Bila kamu ingin menikmati kehidupan sebagai warga lokal kiwi, datanglah ke Downtown Auckland dimana deretan kafe, restoran, dan bar berada.

Foto: tripadvisor.com

Ingin merasakan kehidupan malam di Auckland? Kunjungi Viaduct Harbour, Britomart, atau Wynyard Quarter yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Queen Street. Pecinta live music juga wajib mengunjungi Ponsonby! Jangan lupa untuk mengunjungi Auckland Art Gallery atau Auckland Museum keesokan paginya dimana traveller bisa melihat artefak dan pertunjukkan kebudayaan Suku Maori.

Bila ingin aktifitas yang lebih beragam, traveller bisa datang ke Sky Tower untuk menikmati panorama kota, atau mendaki Mount Eden untuk menikmati pemandangan kawah gunung berapi tertinggi di kota ini. Ingin sesuatu yang fun dari kota yang dijuluki City of Sails ini? Agendakan perjalananmu untuk melihat safari lumba-lumba atau naik bis ke Mission Bay sambil menikmati es krim di pinggir pantai.

Menikmati Pelabuhan Indah dan Perbukitan Hijau yang Mempesona di Wellington

Foto: tripadvisor.com

Sebagai ibukota Selandia Baru, Wellington menawarkan keberagaman destinasi wisata. Apakah untuk kunjungan ke pusat seni, budaya, dan museum. Ataukah menikmati pantai di selatan yang mudah dijangkau dari kota, Wellington memiliki semuanya. Kota ini juga memberikan suasana yang modern, canggih, namun ramah dengan bagi pelancong yang ingin wisata belanja dan menikmati kehidupan malam yang luar biasa!

Foto: newzealand.com

Senang berpetualangan? Lembah Hutt adalah tempat bagi traveller yang mencintai petualangan di alam bebas, termasuk menyusuri semak belukar, memancing, dan melewati trek sepeda gunung yang tak mudah terlupakan! Para warga lokal dipanggil sebagai Wellingtonians. Di kota ini pula terdapat bandara internasional dan kapal feri yang menghubungkan pulau di bagian utara dan selatan.

Wellington memiliki jaringan transportasi publik berupa kereta dan bis. Untuk menikmati kota ini, kamu bisa menyusuri area pinggir pelabuhan di Oriental Bay. Di sekitarnya, kamu bisa mencoba olahraga kayak, bermain rollerblade, duduk di cafe sambil menikmati pemandangan pelabuhan atau sekedar berjalan kaki santai di sore hari.

Rute jalan kaki yang bisa diikuti mulai dari lintasan pantai dan sedikit mendaki dengan pemandangan perbukitan. Traveller juga bisa menyaksikan bagaimana desain arsitektur khas Wellington seperti rumah kayu bersejarah masih terawat di perbukitan hijau dekat pelabuhan. Beberapa bangunan dengan detail kayu ini juga dapat ditemukan saat mengunjungi Old St Paul’s, Antrim House, dan Thorndon.

Foto: newzealand.com

Cobalah naik cable car dari Lambton Quay menuju Botanic Garden. Kemudian, nikmati panorama 360  kota Wellington, pelabuhan, dan Selat Cook dari puncak Gunung Victoria. Di Museum Nasional Te Papa, traveller bisa melihat simulator gempa bumi, kerangka paus biru, dan cumi-cumi raksasa dipamerkan di museum ini. Penasaran kan, travellers?

Menyaksikan Keindahan Perpaduan Sejarah Dan Budaya Kontemporer di Christchurch

Foto: oranawildlifepark.co.nz

Christchurch merupakan pintu masuk utama ke South Island (Pulau Selatan). Terlihat kota ini sedang masa pembangunan dimana traveller bisa melihat bagaimana pembangnan baru bermunculan di setiap sudut kota. Namun, sebagian dari pusat kota Christchurch masih terisolasi karena dampak dari serangkaian gempa bumi yang sempat menimpa daerah ini. Walaupun begitu, 98% jalan kota sudah dapat diakses dan layanan umum termasuk transportasi publik sudah beroperasi seperti biasa.

Banyak hal yang dapat dilakukan di sekitar kota yang sedang berkembang ini. Traveller bisa menyusuri area perbelanjaan dan bar di Pop Up City, atau destinasi favorit di International Antarctic CentreOrana Wildlife Park. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki, bersepeda di gunung, atau berkendara melewati Port Hills untuk menyaksikan pemandangan kota sekaligus pesisir yang sangat menakjubkan!

Foto: pinterest

Populasi masyarakat yang tinggal di Christchurch berkisar 317 ribu jiwa dimana di kota ini juga tersedia bandara internasional, dan 3 titik i-SITE sebagai pusat turis new zealand. Buat penyuka suasana alam yang natural, traveller bisa mencoba pengalaman berperahu di sepanjang Sungai Avon yang bersih. Dari Queenstown, kota Christchurch bisa ditempuh selama 6 jam perjalanan menggunakan mobil dan 1 jam perjalanan via pesawat.

Kota Wisata Queenstown, Kota Terbesar di Otago Tengah Dekat Kaki Pegunungan Yang Memukau

Foto: newzealand.com

Queenstown dikenal sebagai kota wisata di Otago yang berada di bagian barat daya South Island, New Zealand. Letaknya ada di kaki pegunungan dekat Danau Wakatipu. Dengan jumlah penduduk sekitar 9 ribu jiwa, Queenstown juga merupakan kota paling besar di Otago Tengah dimana traveller bisa menghabiskan waktu liburan dengan menjelajahi kilang anggur, mengunjungi lokasi film epik, mencoba berbagai aktifitas petualangan, atau memanjakan diri di dalam spa.

Foto: theadventurejunkies.com 

Traveller bisa mulai dari penjelajahan ikonik Queenstown Skyline dengan menaiki gondola menuju Bob’s Peak. Atau nikmati pemandangan alam dari puncak Southern Alps yang memperlihatkan keindahan Danau Wakatipu. Ingin sedikit relaks? Kamu bisa bersantai sejenak di Queenstown dengan berendam di kolam air panas, menikmati layanan spa dengan latarbelakang pemandangan alam yang indah, atau bersepeda santai untuk mencicipi anggur dan hidangan lokal.

Tak hanya mengeksplorasi pusat kota, traveller juga bisa berpesiar dengan kapal di Danau Wakatipu atau menjelajah Queenstown Trail yang berupa jalan setapak di area tak berpenghuni dengan cara hiking atau bersepeda. Pengalaman wisata di queenstown akan semakin memorable jika kamu mencoba jalur sepeda queenstown melintasi tambang emas di Arrowtown, kafe dan kilang anggur di Gibbston, serta area bungy jump Kawarau Bridge yang ikonik. Jangan lupa untuk mencicipi anggur Central Otago Pinot Noir di Gibbston yang populer dan pernah meraih penghargaan.

Foto: tripadvisor.in

Landscape queenstown yang indah akan lebih terlihat bila traveller mencoba mengeksplornya menggunakan penerbangan wisata dengan pesawat kecil atau helikopter. Padang rumpun yang rimbun, alang-alang, danau yang luas, serta pegunungan yang ditutupi oleh salju membuat perjalanan ke new zealand makin berkesan. Apakah kamu penyuka film Lord of The Rings yang legendaris? Kunjungi Glenorchy dimana lokasi syuting film ini dilakukan. Terakhir, naiklah perahu jet melintasi sungai jernih dan berbatu di Sungai Shotover.

Puas Mencoba Berbagai Aktifitas Petualangan di Rotorua New Zealand

Foto: cnn.com

Rotorua adalah tempat yang tepat untuk mencoba berbagai aktifitas petualangan yang bisa dinikmati segala usia sehingga cocok dikunjungi untuk wisata keluarga. Sarat dengan budaya suku asli Maori, Rotorua sekaligus menyajikan suguhan wisata alam dimana traveller bisa menyaksikan mata air panas dan kolam lumpur belerang alami. Letaknya berada di Pulau Utara New Zealand, tepatnya di tepi selatan Danau Rotorua.

Traveller juga bisa menyusuri wilayah geotermal paling aktif di dunia saat mengunjungi Rotorua karena pada dasarnya kota ini berada tepat di area Cincin Api Pasifik. Dimana tempat ini juga menjadi rumah leluhur masyarakat Te Arawa, suku asli Rotorua yang telah bermukim disini lebih dari 600 tahun yang lalu sehingga bisa memberikan pengalaman menikmati budaya lokal rotorua kepada traveller. Hangi adalah kuliner tradisional khas Te Arawa yang dimasak di tanah yang mengepulkan asap yang bisa kamu coba.

Foto: rotoruanz.com

Berkunjung ke Rotorua juga berarti menyusuri desa wisata suku Maori, suku asli yang menetap disini sebelum kedatangan bangsa Eropa. Atau memanjakan diri dengan terapi spa dengan latar belakang pemandangan alam yang segar! Traveller penyuka petualangan bisa memompa adrenalin dengan mencoba terjuan payung, luging, zorbing, dan bersepeda menyusuri area Gunung Selandia Baru yang menakjubkan!

Safari menyaksikan kehidupan satwa dan tumbuhan liar alami juga bisa kamu lakukan saat liburan ke rotorua dengan mengunjungi lahan konservasi umum Rotorua. Kota ini juga menyajikan landskap danau dan anak sungai dimana traveller bisa melakukan kegiatan memancing ikan trout di Rainbow dan Fairy Spring. Saat musim salju, traveller bisa masuk ke Mount Ruapehu untuk bermain ski dan snowboarding yang berada di North Island. Mau lihat kiwi, satwa asli new zealand? Atau peternakan domba? Rotorua adalah tempat liburan yang tepat!

Kembali Ke Masa Lampau Dengan Berwisata Sejarah di Napier Yang Mempesona

Foto: travalogy.com

Wisata sejarah menyaksikan arsitektur era 1930-an akan kamu termukan bila berwisata ke napier new zealand. Dikenal sebagai salah satu kota Art Deco paling murni di dunia, Napier menyajikan bangunan dengan gaya arsitektur tahun 30-an seperti Stripped Classical, Spanish Mission, dan Art Deco. Louis Hay, seorang arsitek lokal kemudian menerapkan motif suku maori yang khas sebagai karakter New Zealand pada masa itu.

Pembangunan masif ini terjadi karena tanggal 3 Februari 1931, gempa besar 7,9 skala Ritcher menghantam Hawke’s Bay sehingga menghancurkan sebagian besar bangunan komersial di Napier. Selama 2 tahun, pembangunan besar-besaran dilakukan untuk membangun kembali kota Napier yang hancur. Datang ke napier, traveller akan bisa menyaksikan bagaimana berkunjung kesini bagaikan masuk ke mesin waktu tahun 1930-an.

Foto: travalogy.com

Berjalan kaki adalah cara terbaik untuk menikmati kota Napier. Traveller bisa meminta peta lokal dari pusat informasi turis di Art Deco Trust. Bila tidak mau repot membaca peta, pemandu wisata akan menemani perjalanan kamu menyusuri kota bersejarah ini. Daya tarik lain dari kota Napier adalah koloni burung gannet di Cape Kidnappers dan suasana perkebunan anggur yang segar. Traveller bisa berbelanja hasil bumi dan mencicipi makan lokal saat mampir ke pasar tani Napier setiap hari Sabtu pagi.

Mempersiapkan Transportasi Untuk Liburan di New Zealand

Foto: newzealand.com

Aktifitas travelling tentu tidak dipisahkan dari persoalan transportasi untuk memudahkan mobilitas saat liburan ke new zealand. Berikut informasi mengenai pilihan transportasi yang tersedia di New Zealand.

Tipe, Pilihan, dan Harga Sewa Kendaraan

Harga sewa kendaraan di new zealand akan berubah-ubah tergantung musim low season atau peak season. Inilah pilihan transportasi beserta harganya.

TIPE KENDARAAN KISARAN HARGA
Sewa mobil – ekonomi NZ$20-60 per hari
Sewa campervan/motorhome NZ$40-120 per hari
Biaya bensin NZ$2 per liter
Transportasi umum antarkota NZ$10-100
Transportasi umum dalam kota NZ$2-10

Self-Drive di New Zealand

Ini adalah cara populer menjelajah New Zealand. Cara mengemudi mobil di New Zealand, sama seperti di Singapura dan Indonesia dimana kursi pengemudi ada di sebelah kanan mobil.

Pilihan Transportasi Umum di New Zealand

Terdapat bis, kereta, dan kapal feri yang biasa digunakan masyarakat lokal untuk aktifitas sehari-hari.

Praktis Dengan Penerbangan Domestik 

Bila traveller memiliki waktu liburan yang terbatas, menggunakan penerbangan domestik untuk mencapai satu kota dengan kota lainnya adalah pilihan yang tepat. Untuk penerbangan domestik, biasanya tidak lebih dari 2 jam waktu tempuh perjalanan.

Akomodasi Untuk Backpacker Hingga Hotel Mewah Di New Zealand

Foto: tripadvisor.in

New Zealand adalah surga bagi seluruh tipe pelancong! Tersedia hostel, homestay, hingga hotel berbintang mewah yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan traveller sepertimu. Biasanya harga akomodasi juga menyesuaikan dengan tempat, waktu dan hari perjalanan dilakukan.

PlesirDunia.com akan berbagi informasi mengenai kisaran harga sewa per tipe akomodasi di bawah ini.

TIPE AKOMODASI KISARAN HARGA
Campsite NZ$10-35 per orang, per malam
Dorm bed di hostel NZ$17-35 per malam
Hotel/Motel bintang 3 NZ$80-250 per malam

Pilih tipe akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan bujetmu ya, travellers!

Detail Perjalanan Ke New Zealand Yang Tidak Boleh Dilupakan Para Traveller

Agar rencana perjalananmu ke new zealand berjalan dengan lancar, berikut PlesirDunia.com berikan informasi-informasi detail yang tidak boleh ketinggalan untuk diperhatikan bagi kamu yang ingin liburan ke new zealand!

Adaptor dan Stop Kontak Yang Digunakan New Zealand

Foto: pinterest

New Zealand menggunakan tegangan listrik 230/240 volt dengan colokan bercabang dua atau tiga pin, sama seperti di Australia. Sebagian besar hotel dan motel menyediakan stop kontak 110 volt ac hanya untuk alat cukur listrik. Jangan lupa membawa adaptor/konverter saat liburan ke selandia baru ya, travellers!

i-SITE Merupakan Pusat Informasi Turis di New Zealand

Turis yang datang ke new zealand tidak perlu khawatir mengenai perjalanannya selama disana. Karena sudah tersedia i-SITE yang memberikan informasi komprehensif kepada turis yang juga bisa membantu kamu sebagai traveller untuk merencanakan, melakukan booking kegiatan wisata, akomodasi, bahkan transportasi selama kedatanganmu di new zealand.

Menggunakan Akses Internet Saat Liburan Ke New Zealand

Sangat disarankan untuk membeli paket internet bagi turis saat sampai di bandara internasional new zealand. Pilih saja kartu SIM Vodafone yang populer disana. Tersedia paket NZ Travel SIM Vodafone seharga NZ$49 yang berisi paket internet data 3GB, 200 menit paket telepon, dan 200 paket sms (lokal dan internasional). Bila harga tersebut terasa mahal, traveller bisa memilih paket yang seharga NZ$29 sudah termasuk 1GB data, 200 menit telepon, dan 200 SMS.

Saat melakukan pembelian paket internet ini, traveller tidak perlu menunjukkan paspor. Petugas akan membantu kamu mengaktifkan paket data di ponselmu dan menanyakan berapa hari kamu akan menetap di new zealand. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan konektivitas dari hotspot WiFi yang tersedia hampir di seluruh sudut kota besar new zealand. Atau menyewa portable WiFi dari Vodafone seharga NZ$129 untuk koneksi internet grup hingga 10 alat gagdet secara bersamaan dengan jumlah paket data sebesar 3GB.

Mata Uang Yang Digunakan Saat Traveling Di Selandia Baru

Foto: travalogy.com

New Zealand menggunakan mata uang dollar (NZ$). Uang tunai dan kartu kredit (Visa/MasterCard) bisa digunakan untuk transaksi di seluruh penjuru negeri kiwi. Tidak ada larangan mengenai jumlah mata uang asing yang bisa dibawa atau dikeluarkan dari NZ, namun bila traveller membawa lebih dari NZ$10,000 maka ia harus melaporkannya saat di bandara. Mata uang lokal selandia baru terdiri dari koin (10, 20, 50 sen, $1, dan $2) serta bentuk uang kertas $5, $10, $20, $50, dan $100.

Biaya Pengeluaran Sekali Makan di New Zealand

Perjalanan tentu tidak bisa dipisahkan dari biaya pengeluaran untuk makanan. Inilah informasi biaya pengeluaran sekali makan di new zealand.

PILIHAN MAKANAN KISARAN HARGA
Sarapan hotel NZ$15-40
Makan siang di cafe NZ$10-25
Snack NZ$3-5
Cappuccino NZ$4-5
Big Mac Hamburger NZ$5.20

Travel Pro Tips Lainnya di New Zealand

– Memberikan tip di NZ tidak wajib, termasuk di restoran dan bar. Namun, pengunjung boleh saja kasih tip apabila merasa layanan yang diberikan baik, tidak sebagai kewajiban, namun hanya untuk apresiasi.

– Hotel dan restoran di Selandia Baru tidak menambahkan biaya layanan ke dalam tagihan mereka.

– Setiap barang dan layanan yang dipajang di pusat perbelanjaan New Zealand sudah dikenai pajak GST sebesar 15%. Turis tidak dapat melakukan klaim untuk pengembalian pajak tersebut. Namun, apabila turis melakukan pembelanjaan besar dan barang dikirimkan oleh supplier, maka pajak GST tidak akan dikenakan.

– Rugby adalah olahraga favorit di negara kiwi. Bila musim pertandingan rugby tiba, cobalah datang dan saksikan bagaimana serunya masyarakat lokal menyambung agenda olahraga favoritnya ini! 



Itulah informasi-informasi penting yang berkaitan dengan persiapan liburan dan wisata new zealand. Sebagai surga bagi para pelancong, New Zealand adalah negara modern yang juga menonjolkan kebudayaan lokal serta alam yang indah yang wajib dikunjungi paling tidak sekali seumur hidup.

Bagaimana dengan kamu, destinasi mana saja yang tertarik kamu kunjungi bila liburan ke new zealand? Share di kolom komentar ya!

4 thoughts on “Liburan Ke New Zealand, Inilah Panduan Lengkap Mengenai Cuaca, Visa, Destinasi, Transportasi Hingga Akomodasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *