Home > Destinasi > Liburan ke Negeri Kiwi, Ini Syarat Visa New Zealand Indonesia!

Liburan ke Negeri Kiwi, Ini Syarat Visa New Zealand Indonesia!

PlesirDunia.com – Liburan ke Negeri Kiwi, Ini Syarat Visa New Zealand Indonesia!

Melihat berbagai satwa langka, mendaki di atas gunung berapi aktif, dan mempelajari hal baru adalah pengalaman seru yang bisa dinikmati ketika memilih New Zealand sebagai tujuan untuk berlibur. Travellers juga bisa merasakan langsung segarnya perairan yang jernih, berinteraksi langsung dengan pinguin langka nan menggemaskan, dan bersapa dengan keramahan penduduk lokal. Berkendara berkeliling New Zealand sembari menyaksikan bentang alamnya yang indah pastilah menjadi salah satu pengalaman yang tak mungkin terlupakan. Tapi, sebelum pergi dan memutuskan untuk terbang ke New Zealand, intip dulu yuk, apa saja syarat visa New Zealand Indonesia!



Pengajuan Visa New Zealand, Syarat dan Dokumen Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Foto: vietnamembassy-newzealand.org

Sebelum mengajukan syarat visa new zealand indonesia ada beberapa syarat dokumen yang harus travellers persiapkan. Catat dulu ya dokumen-dokumen yang dibutuhkan berikut ini.

  • Pertama adalah travellers harus mengunduh form aplikasi yang tersedia di website Imigrasi New Zealand.
  • Dua lembar foto berwarna ukuran 3,5 x 4,5 cm dengan background foto berwarna terang (selain warna putih), lihat detail ketentuan foto disini.
  • Paspor yang masih berlaku wajib minimal 6 bulan dihitung dari tanggal kembali ke Indonesia.
  • Rekening koran 3 bulan terakhir dengan saldo minimal Rp10.000.000,- atau 1000 NZD jika travellers ingin tinggal hingga 1 bulan dan belum memiliki akomodasi di New Zealand. Atau bisa juga melampirkan formulir sponsor jika kunjungan tersebut disponsori oleh warga negara New Zealand.
  • Surat referensi kerja yang menyatakan telah mendapat izin cuti, surat izin usaha jika traveller memiliki usaha sendiri, atau kartu pelajar/mahasiswa.
  • Surat persetujuan dari orang tua untuk anak di bawah usia 17 tahun dan fotokopi KTP orang tua bila tidak berpergian dengan mereka.
  • Tiket pesawat PP tidak wajib dilampirkan ketika mengajukan visa, bahkan kedutaan menganjutkan untuk membeli tiket setelah visa diterima.

3 Cara Pengajuan Visa New Zealand Yang Bisa Travellers Pilih

1. Pengajuan Melalui Counter

Foto: i.pinimg.com

Bagi travellers yang berdomisili di Jakarta atau Bali, bisa langsung datang ke Pusat Permohonan Visa New Zealand melalui VFS Global. Ada dua lokasi, yakni Jakarta dan Bali.

  • VFS Global New Zealand Visa Application Centre Jakarta
    Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19
    Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18
    Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia
  • VFS Global New Zealand Visa Application Centre Bali
    Benoa Square Lantai 3 No. 7-9.3/A
    Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A
    Kedonganan, Kuta
    Bali 80361

VFS Global ini merupakan delegasi dari imigrasi New Zealand untuk kepengurusan visa. Jam buka operasional VFS Global mulai dari Senin-Jumat pukul 08:00 hingga 16:00. Tidak ada patokan waktu untuk memasukkan permohonan visa new zealand. Sementara, untuk pengambilan visa pengajuan individu, mulai dari pukul 14:00 sampai 16:00. 

2. Pengajuan Melalui POS

Foto: bumn.go.id

Selain langsung datang ke kantor Pusat Permohonan Visa New Zealand di VFS Global, travellers juga bisa mengirimkan dokumen lengkap melalui pos ke alamat tersebut. Pusat Permohonan Visa Selandia Baru juga menyediakan fasilitas penjemputan dokumen lho. Jadi jangan malas untuk cek-cek informasi atau bertanya langsung ke petugasnya ya atau kamu bisa langsung lihat informasinya disini!

3. Pengajuan Visa Online

Foto: videoblocks.com

New Zealand juga memberikan kemudahan dalam pengajuan visa dengan menyediakan aplikasi visa online yang dapat diakses melalui situs web ini. Tidak perlu bingung atau takut salah dan pengajuan visa New Zealand ditolak, karena setiap prosesnya para travellers akan dipandu oleh aplikasi tersebut.

Yang perlu travellers lakukan hanyalah mengisi kolom-kolom kosong yang tersedia. Daftarkan diri, lalu buat akun pada situs imigrasi tersebut dan mulailah ke proses pengajuan visa. Memang ada banyak formulir dan lampiran yang harus dilengkapi, tapi jangan khawatir atau merasa takut pengajuan visa New Zealand ditolak! Jika mengikuti setiap langkahnya dengan baik, proses ini tidak akan terasa rumit kok.

Setelah selesai melengkapi semua syarat visa new zealand indonesia secara online ini, maka tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah memverifikasi paspor. Terdapat dua cara yang bisa dipilih, yaitu langsung datang ke kantor VFS Global Pusat Permohonan Visa Selandia Baru, atau mengirimkan paspor melalui POS yang waktunya dibatasi maksimal 20 hari kerja setelah proses aplikasi online selesai dilakukan.

Sedangkan, untuk proses verifikasi paspor sendiri membutuhkan waktu sekitar 5 hari kerja. Tapi bisa saja jadi lebih lama atau lebih cepat. Jadi, bersabar saja ya, travellers! Intinya, bila travellers ingin mengajukan visa new zealand secara online, ada 2 tahapan lanjutan yang wajib dilewati, yakni melakukan verifikasi visa dan menunggu visa keluar setelah verifikasi tersebut selesai.

Masih Bingung Perbedaan Pengajuan Visa New Zealand Online Dan Offline? Ini Penjelasannya!

Foto: esta-formulaire.us/collegepond.com

Antara visa online dan manual, perbedaannya hanya terletak pada proses pendaftarannya saja. Bila pengajuan secara online, maka upload foto, upload berkas, dan formulir pengajuan visa new zealand dapat diisi langsung melalui website imigrasi new zealand disini. Kemudian, travellers wajib datang ke kantor VFS Global untuk menyerahkan semua dokuman persyaratan.

Terakhir bila visa sudah approved, maka visa dikirimkan via e-mail dalam bentuk e-visa. Namun, bila pengajuan visa new zealand dilakukan secara manual, maka travellers wajib mengunduh dan print form dari website, isi manual, kemudian tambahkan lampiran berkas yang diperlukan untuk apply visa new zealand secara manual ke kantor VFS Global. Hasil akhir dari visa yang sudah approved melalui proses manual adalah berupa visa label yang akan ditempel di paspor.

Setelah mengajukan semua syarat visa new zealand, maka travellers akan mendapatkan receipt yang mencantumkan Reference Number. Nomer tersebut akan dipakai untuk mengecek status permohonan visa new zealand secara online. Setelah visa new zealand tembus, biasanya travellers akan mendapatkan e-mail notifikasi kalau visa sudah bisa diambil. Nah, untuk pengambilan ini, travellers bisa mengambil langsung ke kantor VFS Global atau dengan menggunakan layanan kurir pengiriman.



Berapa Jumlah Tabungan Yang Harus Mengendap Di Rekening Ketika Mengajukan Visa New Zealand?

Foto: cermati.com

Sangat dianjurkan sekali bahwa jumlah uang di rekening jumlahnya harus bisa mengcover biaya hidup selama di New Zealand dengan nilai minimal 1,000 NZD. Normalnya, jangka waktu rekening yang dicantumkan sebagai syarat visa new zealand adalah rekening 3-5 bulan terakhir.

Surat Referensi Kerja Untuk Sebagai Syarat Pembuatan Visa New Zealand

Foto: smartpress.com

Umumnya, Surat Referensi Kerja disediakan oleh bagian HR/Kepegawaian. Namun, bisa juga memintanya dari atasan langsung yang di dalam dokumennya menjelaskan bahwa pegawai yang bersangkutan adalah benar pegawai perusahaan tersebut, dan jangan lupa cantumkan divisi tempat traveller bekerja, beserta tanda tangan atasan langsung.

Proses Administrasi Pembuatan Visa New Zealand

Foto: laruno.com

Dalam pembuatan visa New Zealand, harga yang ditaksir untuk semua biayanya adalah kurang lebih sekitar Rp2.000.000,-. Rincian biaya di dalamnya berupa biaya pengajuan visa sebesar NZD 165, biaya verifikasi paspor (senilai Rp186.500 untuk aplikasi online atau Rp248.500 untuk aplikasi secara langsung atau lewat pos), dan biaya kurir untuk pengambilan dan pengembalian dokumen jika proses tersebut melalui jasa kurir.

Sementara itu, ada empat pilihan pembayaran yang bisa travellers lakukan untuk mendapatkan visa Selandia Baru ini, yakni bisa secara tunai, transfer bank, atau bisa juga menggunakan kartu debit dan kredit.

Setelah melakukan proses administrasi tersebut, jangan lupa untuk mencantumkan pula informasi di bawah ini bersamaan dengan permohonan visanya ya travellers, yakni:

  • Tanggal Pengiriman Uang
  • Nama Bank
  • Nama Pengirim
  • Jumlah Yang Dikirimkan

Selain itu, pemohon visa juga diwajibkan untuk mengirimkan informasi di bawah ini ke email yang akan diberikan oleh pihak delegasi imigrasi (info.nzid@vfshelpline.com), yaitu berupa:

  • Fotokopi tanda terima pengiriman
  • Fotokopi bukti pengiriman
  • Rincian pemohon

Bisakah Pengambilan Visa New Zealand Diwakili?

Foto: silverbirdtv.com

Bisa, dengan mencantumkan surat kuasa bermaterai yang dilampiri dengan hasil scan KTP dan Paspor. Namun, semenjak ada perubahan mulai Juli 2018, maka applicant hanya perlu datang sekali saat menyerahkan semua berkas, karena visa akan dikirimkan via alamat surel dalam berbentuk e-visa.

Apakah Wajib Melampirkan Medical Certificate dan Chest X-Ray?

Foto: healthengine.com/savisaexperts.com

Pada dasarnya, Medical Certificate dan Chest X-Ray ini wajib dilampirkan sebagai syarat visa new zealand bila applicant berencana singgah disana hingga diatas 6-12 bulan. Untuk Chest X-Ray, Warga Negara Indonesia wajib menyertakannya bila ingin apply visa new zealand untuk 6-12 bulan. Sementara, kalau kunjungan ke new zealand hanya di bawah 6 bulan, maka tidak perlu melampirkan kedua dokumen ini. Detail lengkap mengenai medical certificate dan chest x-ray bisa lihat disini ya, travellers!

UPDATE: Sejak 4 Juli 2018, visa new zealand yang diajukan secara online maupun offline, sudah tidak ditempel lagi di dalam paspor menggunakan label visa, namun visa akan dikirim dalam bentuk e-visa melalui alamat surel. Setelah melakukan pendaftaran, paspor travellers hanya akan dicek oleh kantor VFS, kemudian paspor diserahkan kembali.

Selain kaya akan destinasi wisata yang menarik, New Zealand juga dapat menjadi destinasi liburan honeymoon bersama pasangan. Bermain bersama orang tersayang di tengah butiran-butiran salju atau langit milkyway menjadi momen romantis dan menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, momen holiday juga bisa menjadi waktu terbaik untuk lebih mengenal diri sendiri dan mencari inspirasi baru.

Apalagi mengunjungi tempat-tempat dengan budaya yang berbeda, tentu saja selain bisa belajar budaya baru, kita juga bisa belajar untuk lebih toleransi terhadap perbedaan. Gimana? Sudah memutuskan untuk mampir ke tempat menarik lainnya di New Zealand nanti? Jangan lupa share pengalaman dan tips liburan di New Zealand versi kalian para travellers di kolom komentar yah!



Akhirnya, sampai di penghujung artikel cara membuat visa new zealand. Lengkap sekali ya! Semoga informasi lengkap dan update terbaru cara membuat visa new zealand diatas bisa bantu travellers yang akan pergi ke new zealand ya! Kalo ada pertanyaan, boleh tinggalkan komentar, e-mail, DM Instagram, Inbox Fanpage, anything! PlesirDunia.com akan coba bantu kalian yang masih bingung cara bikin visa ke new zealand!

2 thoughts on “Liburan ke Negeri Kiwi, Ini Syarat Visa New Zealand Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *