Home > Aktifitas Wisata > Ingin Mengenal Budaya Lokal Australia Lebih Dekat? Inilah 5 Aktivitas Wisata Menakjubkan Yang Wajib Ada Di Daftar Perjalananmu!

Ingin Mengenal Budaya Lokal Australia Lebih Dekat? Inilah 5 Aktivitas Wisata Menakjubkan Yang Wajib Ada Di Daftar Perjalananmu!

PlesirDunia.com – Ingin Mengenal Budaya Lokal Australia Lebih Dekat? Inilah 5 Aktivitas Wisata Menakjubkan Yang Wajib Ada Di Daftar Perjalananmu!

Siapa yang tidak mengenal Australia? Negara yang satu ini sungguh populer di kalangan para travellers dunia dan dikenal sebagai salah satu tempat yang menyenangkan untuk berlibur. Ketahuilah, Australia dibagi menjadi beberapa negara bagian dengan daya tariknya masing-masing. Tak hanya wisata alam yang indah, keragaman budaya Australia juga menjadi hal menarik yang bisa kamu nikmati ketika liburan ke australia. Bila kamu berencana mengenal budaya lokal australia lebih dekat, berikut aktifitas seru yang bisa kamu lakukan di australia!

1. Uluru, Salah Satu Situs Warisan Dunia UNESCO Yang Patut Dikunjungi Di Australia

Foto: pinterest

Bila kamu menyukai wisata australia yang sekaligus sarat dengan budaya lokal, Uluru bisa menjadi destinasi wisata yang tepat! Tempat ini juga dikenal sebagai Ayers Rock. Sebagai wisata alam yang menyajikan gunung batu raksasa yang unik dengan latar belakang pemandangan alam yang sungguh menakjubkan, Ayers Rock yang dianggap tempat suci dan keramat bagi penduduk lokal ini juga merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Agar lebih memahami cerita sejarahnya, kamu bisa bergabung dengan tur yang akan memberikan kamu informasi lengkap tentang sejarah monumen suci ini, sekaligus memperlihatkan kepada para turis berbagai hasil karya seni suku aborigin. Sebagai tempat suci, tentu saja turis dilarang untuk mendaki Ayers Rock. Namun, kenyataannya, masih banyak sekali wisatawan yang senang menyaksikan pemandangan matahari terbit maupun saat matahari terbenam dari atas ketinggian gunung batu ini.

2. Mengenal Suku Aborigin Di Waradah Aboriginal Center

Foto: Visit Australia

Berkunjung ke Australia rasanya belum lengkap bila tak mengenal sekaligus mempelajari tentang Suku Aborigin. Suku Aborigin merupakan penduduk asli dari Negara Australia. Destinasi wisata edukasi yang terbaik untuk mengenal suku asli Australia ini adalah Waradah Aboriginal Center yang ada di Katoomba, New South Wales yang bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Sydney. Katoomba sendiri merupakan wilayah yang asli dari Suku Aborigin. Disini travellers bisa mengenal lebih dalam tentang Suku Aborigin melalui sebuah hiburan pertunjukan. Uniknya, pertunjukan tersebut langsung dilakoni oleh orang-orang asli Aborigin. Mereka mendeskripsikan budaya Suku Aborigin melalui tarian dan cerita. Tak hanya melalui pertunjukan, di tempat ini juga menyediakan beragam informasi lainnya seperti foto, teks, dan buku yang berkaitan dengan Suku Aborigin. Kamu pun bisa berbelanja oleh-oleh khas Australia yang asli buatan Suku Aborigin di Waradah Aboriginal Center.

3. Menikmati Wisata Alam Sekaligus Budaya Di Namadgi

Foto: Culture of Australia

Travellers yang menyukai wisata alam menakjubkan sekaligus ingin mempelajari budaya lokal Australia wajib mampir ke Namadgi! Sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO, Namadgi menyajikan wisata alam, budaya, sekaligus sejarah dari Australia. Untuk menempuh Namadgi, kamu pun harus menempuh jarak sekitar 45 menit dari Canberra. Taman Nasional Namadgi ini menyimpan peninggalan kebudayaan dari suku tertua Australia, yaitu Aborigin yang sudah tinggal di Australia sejak dari 21.000 tahun silam. Bahkan, kawasan Namadgi ini sudah menjadi tempat tinggal Suku Aborigin saat Australia masih mengalami zaman es. Bila datang ke Namadgi, kamu bisa menyaksikan langsung sekumpulan batu, peralatan rumah tangga, dan hewan purba yang menjadi saksi jika tempat ini pernah ditinggali oleh Suku Aborigin.

Uniknya, lokasi upacara adat suku Aborigin di masa lampau yang berada di Puncak Gunung Namadgi masih terawat dengan baik. Selain itu, travellers juga bisa melihat berbagai macam lukisan dari bebatuan yang sungguh menarik untuk dilihat. Keunikan Namadgi tidak hanya berhenti disitu saja, bahkan disini juga terdapat stasiun pengamatan luar angkasa yang pernah digunakan untuk pengamatan penerbangan Apollo. Kemudian, persis seperti taman nasional lainnya, Namadgi juga menjadi habitat bagi tumbuhan dan hewan langka asli Australia. Tercatat, ada sekitar 35 jenis mamalia yang dilindungi di kawasan taman nasional ini. Berbagai aktifitas wisata menarik seperti bersepeda, menunggang kuda, terjun payung, paralayang, atau panjat tebing bisa travellers lakukan bila mengunjungi Taman Nasional Namadgi.

4. Mencoba Bush Tucker, Kuliner Asli Asal Australia

Foto: pinterest

Bush Tucker atau yang dikenal pula sebagai bushfood merupakan salah satu makanan asli dari Australia. Makanan ini sebenarnya adalah kuliner khas Suku Aborigin, penduduk asli Australia. Uniknya, Bush Tucker juga merupakan sebuah racikan flora fauna asli Australia yang juga sering digunakan untuk kuliner maupun obat. Meskipun presentasinya mungkin tidak terlihat begitu menarik, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya ketika berlibur di Australia.

5. Menikmati Keriuhan Suasana Festival Aborigin

Foto: travalogy.com

Saat berlibur ke Australia, tak ada salahnya untuk menikmati pengalaman yang sedikit agak berbeda dengan mengikuti Festival Aborigin. Berpartisipasi dalam festival ini tentunya bisa menjadi salah satu cara bagi travellers untuk mengenal budaya lokal Australia lebih dekat. Ketahuilah bahwa Festival Aborigin terselenggara di beberapa negara bagian Australia setiap tahunnya. Namun, yang sangat direkomendasikan untuk kamu ikuti adalah Festival Laura Dance dan Festival Barunga.

Festival Barunga sendiri merupakan salah satu agenda acara komunitas terbesar yang terselenggara di Top End. Bila travellers ingin menghadiri Festival Barunga yang diadakan 3 hari secara turut-berturut ini, datanglah saat bulan Juni. Travellers bisa menyaksikan beragam pertunjukan musik, seni, tarian, dan pertunjukan budaya lokal yang sungguh mengagumkan. Sedangkan, untuk Festival Tari Laura biasanya diadakan setiap 2 tahun sekali. Festival ini berlangsung tepatnya di sebuah kota kecil bernama Laura. Untuk menuju ke Laura ini, travellers memerlukan waktu tempuh 4 jam perjalanan dari Cairns. Uniknya, Festival Tari Laura menjadi pelopor acara budaya Aborigin terbesar dan tertua yang diikuti lebih dari 20 komunitas lokal yang mempertunjukkan tarian khas Aborigin. Menarik sekali kan, travellers?

Nah, itu tadi 5 aktivitas seru, sekaligus menyenangkan yang bisa travellers lakukan ketika liburan ke australia sambil mengenal budaya lokal Australia. Aktifitas wisata mana nih yang menarik bagi kamu? Atau kamu punya rekomendasi destinasi wisata budaya australia menarik lainnya? Yuk share di kolom komentar, dan jangan lupa bergabung dengan komunitas travellers dunia lainnya dengan follow media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram PlesirDunia.com! Semoga informasi wisata australia ini bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *