Home > Destinasi > 7 Tips Wisata New Zealand Dengan Campervan, Seru Lho!

7 Tips Wisata New Zealand Dengan Campervan, Seru Lho!

PlesirDunia.com – 7 Tips Wisata New Zealand Dengan Campervan, Seru Lho!

Lake Pukaki, The Redwoods, hingga Paradise merupakan beberapa rekomendasi tempat wisata di Queenstown yang menarik dikunjungi ketika berlibur ke New Zealand. Selain itu, ada juga Aoraki/Mt Cook sebagai destinasi wisata south new zealand yang tak kalah menakjubkan keindahannya. Menikmati bentang alam yang mempesona dan beragam, mulai dari pantai hingga pemandangan puncak gunung yang berselimut salju menjadi aktifitas wisata alam seru yang hanya bisa dinikmati ketika pergi ke new zealand.



Tak heran, karena keindahan alamnya tersebut, New Zealand menjadi negara yang banyak diimpikan oleh travellers di seluruh dunia. Selain keindahan panoramanya, udaranya yang bersih, serta keberagaman tempat wisatanya membuat New Zealand sangat terkenal di kalangan wisatawan dunia. Namun, apa jadinya jika travelling di New Zealand dengan campervan? Seru atau malah ribet ya? Bagi travellers yang ingin merasakan sensasi melancong dengan campervan, yuk simak tips wisata new zealand dengan campervan berikut ini!

1. Sebelum Menyewa Campervan, Patikan Travellers Sudah Memiliki Surat Izin Mengemudi Internasional

Foto: Confused.com

Untuk wisata new zealand dengan campervan, travellers harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional atau International Driving Permit (IDP). Tentu saja lisensi SIM Internasional yang dibawa juga harus masih berlaku untuk dapat menyewa campervan dan mengemudi dengan legal di New Zealand. Jika SIM yang travellers miliki tidak tertulis dalam bahasa Inggris, maka wajib hukumnya untuk membawa terjemahan bahasa Inggris atau mengurus IDP terlebih dahulu sebelum keberangkatan. Selain SIM, hal lain yang harus diperhatikan oleh travellers agar berkendara dengan aman di New Zealand adalah pastikan untuk mempelajari peraturan lalu lintas lokal.

2. Pilih Campervan Yang Paling Sesuai Dengan Kebutuhan

Foto: Yandex.com

Ada tiga jenis campervan yang bisa disewa di New Zealand, yaitu camper car, campervan, dan motorhome. Camper car adalah jenis terkecil dari campervan yang hanya memiliki fasilitas tempat tidur dan tempat duduk. Sedangkan, campervan adalah yang sangat populer diantara kalangan travellers karena memiliki ruang yang lebih luas.

Beberapa fasilitas yang ada di campervan yaitu dapur, toilet, dan tempat penyimpanan barang atau bagasi. Namun, bila ingin kenyamanan yang tinggi saat travelling di New Zealand, tidak ada salahnya untuk mencoba menyewa motorhome. Tidak hanya lebih luas dan besar, motorhome juga memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Menariknya lagi, motorhome dilengkapi dengan fasilitas tangki air dan sistem daur ulang air atau grey water.

3. Hunting Dulu Tempat Berkemah Di New Zealand

Foto: Yandex.com

New Zealand memiliki banyak sekali tempat untuk berkemah yang bebas secara tanggung jawab (responsible camping). Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai lebih dari 500 lokasi, dan semuanya memiliki pemandangan yang indah. Bahkan, beberapa ada yang terletak di kawasan pantai di new zealand. Namun, akan lebih baik jika travellers mengunjungi pusat informasi setempat terlebih dahulu sebelum berkemah. Alasannya, karena tentu setiap lokasi memiliki aturan berkemah yang berbeda.

4. Catat List Destinasi Yang Ingin Dikunjungi, Jangan Lupa Sertakan Pula Rutenya

Foto: BT.com

Cobalah untuk melakukan riset secara menyeluruh lebih dulu mengenai tempat mana saja yang ingin dikunjungi. Selain itu, pastikan untuk mengecek kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata di New Zealand. Travellers bisa pergi ke tempat wisata di north island new zealand untuk berburu tempat dengan pemandangan terbaik. Pastikan juga travellers sudah mengantongi Visa New Zealand, ya!

5. Biar Tetap Nyaman, Jaga Campervan-mu Tetap Bersih

Foto: yandex.com

Jagalah campervan tetap bersih agar travellers tetap merasa nyaman di dalamnya. Salah satunya dengan mengosongkan waste water dengan membuangnya ke sarana pembuangan khusus. Sarana pembuangan ini banyak ditemukan di tempat perkemahan, dan beberapa tempat umum lainnya seperti parkir mobil di nz.



Membuang sampah juga dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar, dan menghindari bau tidak sedap di dalam campervan. Supaya aman, segeralah isi bensin kendaraan jika indikator tangki sudah menuju ke setengah. Karena di kota-kota kecil new zealand jarang sekali ada pom bensin.

6. Nggak Mau Kan, Keroncongan Di Jalan? Persediaan Makanan Juga Perlu Diperhatikan

Foto: hugocampervans.co.nz

Selain rute, penting juga untuk merencanakan perbekalan untuk di perjalanan. Apakah ingin piknik di taman, barbeque di tepi pantai New Zealand, atau mungkin mencoba menu makanan di restoran setempat. Dengan membuat perencanaan terlebih dahulu di awal, travellers bisa memperkirakan bahan makanan apa yang harus disiapkan atau dibeli. Sehingga waktu bersantap di New Zealand pun bisa lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk berhenti di swalayan, sekedar membeli snack atau jajanan untuk antisipasi jika merasa lapar di perjalanan.

7. Walaupun Tergolong Aman, Tidak Ada Salahnya Tetap Waspada

Foto: t24.com.tr

Penduduk New Zealand yang ramah membuat pelancong yang datang merasa diterima dan aman. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk selalu waspada dengan situasi apapun. Nomor darurat untuk polisi, ambulans, dan pemadam kebakaran di New Zealand adalah 111. Dan jangan takut untuk meminta pertolongan atau bertanya kepada penduduk New Zealand. Karena selain memiliki pemandangan yang mampu memanjakan mata, New Zealand juga dikenal memiliki penduduk yang ramah dan penuh kehangatan. Mereka juga memiliki kesediaan untuk membantu para pelancong dari mana pun yang membutuhkan pertolongan.

Bagaimana? Apakah jadi semakin tertantang untuk liburan di new zealand dengan campervan? Ajak juga teman, keluarga, atau pasangan agar pengalaman liburan di New Zealand semakin berkesan. Karena liburan bersama keluarga secara rutin juga bermanfaat untuk me-recharge ulang kebersamaan dan kehangatan diantara keluarga.



Jangan lupa untuk mengurus visa new zealand ya, travellers! Nah, apakah travellers pernah menyewa campervan atau sudah pernah liburan ke new zealand? Bagi yuk pengalamanmu di kolom komentar!

4 thoughts on “7 Tips Wisata New Zealand Dengan Campervan, Seru Lho!

    1. Hi Rudi Chandra!

      Terimakasih sudah mampir ke blog PlesirDunia.com!
      Pastinya soal biaya mahal, namun panorama yang disajikan saat wisata ke new zealand juga menarik sekali 🙂

      Regards,
      PlesirDunia.com

    1. Hi Bara Anggara!

      Terimakasih sudah mampir ke blog PlesirDunia.com!
      Semoga bisa kesampaian ya wisata ke new zealand 😉

      Regards,
      PlesirDunia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *