Home > Aktifitas Wisata > 33 Fakta Menarik Yang Membuat Liburan Ke India Menjadi Pengalaman Menakjubkan

33 Fakta Menarik Yang Membuat Liburan Ke India Menjadi Pengalaman Menakjubkan

PlesirDunia.com – 33 Fakta Menarik Yang Membuat Liburan Ke India Menjadi Pengalaman Menakjubkan

India merupakan negeri dengan beragam hal menarik dan penuh warna. Lautan, pegunungan, kota yang sibuk dengan sapi lalu lalang di jalanan, menyaksikan harimau dari dekat, menjelajahi kuil bersejarah, ataupun minum chai yang khas. Semuanya bisa disaksikan bersamaan saat liburan ke india. Tak lupa untuk menghadiri pernikahan india dan beli sehelai kain sari penuh warna-warni untuk memperkaya pengalaman liburanmu.

Berikut PlesirDunia.com akan berbagi fakta, informasi penting, serta persiapan liburan ke india yang akan membuat perjalananmu menjadi lebih berkesan!



1. Musim Dingin Antara Bulan November-Februari Adalah Waktu Terbaik Untuk Liburan Ke India

Foto: Jean Pierre – Flickr

India memiliki 3 musim yang berbeda, yaitu musim dingin, musim panas, dan musim hujan. Dimana secara umum, sebagian besar wilayahnya menjadi lebih cenderung panas, kering, dan berdebu saat musim panas yang berlangsung antara bulan Maret sampai Juni. Agar kunjungan ke india lebih nyaman, traveller bisa memilih untuk liburan ke india selama musim dingin antara bulan November hingga Februari. Pada kisaran bulan tersebut, cuaca lebih terasa segar, sejuk dan cerah. Sedangkan, musim hujan terjadi antara bulan Juli dan Oktober.

2. Liburan Ke India Selama Maksimal 2 Minggu Cukup Untuk Mengeksplorasi Sebagian Destinasi Wisata Menarik

Foto: Thejas Panarkandy – Flickr

Idealnya, kamu harus menghabiskan waktu 6 bulan atau lebih apabila ingin mengeksplorasi semua destinasi wisata penting di India. Namun, tentu tidak semua orang memiliki privilege seperti itu, apalagi batas waktu cuti pekerjaan maksimal hanya 14 hari saja. Benar kan? Kabar baiknya, 2 minggu tersebut sudah cukup lho untuk mengeksplor india dan merasakan semua perbedaan budaya, negara, serta destinasi yang beragam di negara ini. Jadwalkan berpergian dengan kereta atau bis ke India Utara (Delhi-Agra-Varanasi-Rajasthan-Himalaya) atau ke India Selatan (Goa-Karnataka-Tamil Nadu-Kerala). Yuk mulai bikin itinenary ke india dari sekarang!

3. Sejak April 2017, Pengajuan Aplikasi Visa India Dapat Dilakukan Secara Online Sebelum Keberangkatan

Foto: pinterest

Setiap orang yang masuk ke india untuk liburan, perjalanan medikal, ataupun bisnis harus mengurus e-Visa india secara online. Pengajuan aplikasi visa bisa dilakukan tidak kurang dari 5 hari dan tidak lebih dari 120 hari sebelum tanggal perjalanan. Traveller akan diminta mengunggah foto terbaru dengan latar belakang putih serta hasil scan data yang ada di paspor dengan masa berlaku paspor minimal 6 bulan.

Kemudian, lakukan pembayaran biaya visa dengan kartu debit/kreditmu. Maksimal 5 hari setelah pengajuan aplikasi visa india, traveller bisa mengecek status visa india disini. Pastikan kamu sudah menerima status “GRANTED” ya. Selain itu, kamu juga akan menerima e-mail berisi ID Aplikasi dan ETA yang harus dicetak serta dibawa saat tiba di bandara india. Data biometrikmu baru akan diambil petugas saat sampai di india. Jangan lupa bawa tiket pulang dan cukup uang ya saat pengecekan visa di bandara tujuan. Visa berlaku 60 hari.

4. Ada 20 Jenis Bahasa Lokal Yang Digunakan Di India, Mengenal Sedikit Bahasa Hindi Akan Membantumu Dalam Perjalanan 

Foto: unsplash

Memang Hindi bukanlah bahasa utama yang digunakan masyarakat lokal di India. Ini tergantung dari wilayah mana saja yang ingin kamu eksplor selama liburan ke india. Karena pada dasarnya, ada lebih dari 20 bahasa lokal india tersebar pemakaiannya ke seluruh penjuru negeri India.

Namun, jangan khawatir, karena di tempat-tempat pariwisata yang populer di India, sebagian ada yang sudah memahami bahasa inggris. Atau kamu juga bisa mempelajari sedikit bahasa Hindi seperti “Namaskar” (Halo!), “Shukriya” (Terimakasih), “Aap Kaise Hai” (Apa kabar?), “Kitna Hai” (Berapa Harganya?) and “Naam Kya Hai” (Siapa Namamu?) sudah cukup sebagai bekal perjalananmu ke india.

5. Naik Kereta Adalah Cara Terbaik Untuk Mengeksplor India. Ambillah Paket Perjalanan Ke Darjeeling Himalayan Railway.

Foto: tripwizard.co.in

Sistem kereta api di india sangat luas. Dengan begitu, ada banyak destinasi wisata india yang menarik dikunjungi dengan cara naik kereta. Bahkan, India juga dikenal dengan train journey-nya. Salah satu rute perjalanan kereta terbaik di india adalah Darjeeling Himalayan Railway. Sebagai salah satu situs bersejarah dunia, jalur kereta api yang sangat populer ini dulunya dibangun untuk menyelamatkan penduduk victoria dari musim panas yang terik. Sepanjang tur sepanjang 88 km, traveller bisa menyaksikan bagaimana kereta api melewati jalanan desa, jalan mendaki, sambil merasakan udara yang sejuk.

6. Olahraga Kriket Sangat Populer Dan Disukai Oleh Masyarakat India

Foto: indianexpress.com

Olahraga adalah salah satu cara untuk membuka percakapan dengan masyarakat lokal. Kamu bisa mulai percakapan mengenai olahraga kriket yang memang populer di india. Mirip dengan baseball, olahraga ini banyak dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa di seluruh penjuru negeri india.

7. Sedia Masker/Slayer/Syal Saat Menyusuri Jalanan India Yang Kering Dan Berdebu

Foto: thisbatteredsuitcase.com

Di jalanan india yang sebagian besar kering dan berdebu, menggunakan masker/slayer untuk menutupi hidung adalah hal yang bijak, terutama bagi yang rentan terkena masalah kesehatan pernapasan. Selain itu, kamu juga akan melihat masyarakat lokal senang meludah di berbagai tempat karena para lelaki sering mengunyah tembakau yang disebut “paan”. Bayangkan juga jalanan india yang ramai dengan berbagai sampah berterbangan di jalanan atau tiba-tiba kamu akan melihat asap dari sampah yang dibakar oleh masyarakat lokal. Welcome to India!

8. Simpan Pecahan 10 Rupee Yang Berguna Untuk Memberikan Tip

Foto: unsplash

Mata uang yang digunakan saat liburan ke india adalah rupee. Hindari menukar uang di bandara lokal india karena rate-nya kurang begitu bagus. Jangan lupa sisihkan uang yang kamu tukarkan menjadi pecahan 10 rupee yang biasanya sangat berguna untuk memberikan tip di restoran atau hotel. Dan selalu hitung kembalianmu setelah selesai transaksi di india! Selain uang tunai, pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit diterima di pusat perbelanjaan atau jaringan hotel internasional india. ATM Citibank memungkinkan traveller untuk mengambil sekaligus 10,000 rupee dalam sekali tarik tunai karena kebanyaka ATM di India tidak bisa menarik lebih dari nominal tersebut.

9. Untuk Menghindari Diare Saat Liburan Ke India, Minumlah Air Mineral Dari Botol Dimanapun Kamu Berada!

Foto: Kimberley Coole/Getty Images

Kualitas air yang kurang bersih di india juga perlu diperhatikan supaya traveller tidak terkena diare saat perjalanan. Minum dari air botol mineral seperti Bisteri dan Kinley & Aquafina lebih aman dan jangan pernah minum dari tap water karena tidak steril! Selain itu hindari juga minuman dengan es batu, lebih baik taruh botol air mineral di dalam kulkas untuk membuatnya lebih dingin.

Kemudian, usahakan selalu membawa obat-obatan diare, probiotics, atau obat karbon aktif untuk mengatasi diare. Tentu saja ini menjadi tindakan preventif supaya liburanmu di india menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk menyimpan alamat rumah sakit lokal yang memiliki bahasa pengantar bahasa inggris ya, travellers!

10. Di India Kamu Akan Menemukan Banyak Makanan Pedas

Foto: pinterest

Bagi traveller yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan pedas, ada kemungkinan perut tidak kuat menerimanya sehingga bisa muncul sakit perut. Jadi, apabila kamu tetap penasaran dengan cita rasa kuliner lokal, kamu tahu batasmu dan tidak memaksakan untuk memakannya sampai berlebihan. Selain itu, ada banyak jajanan lokal yang bisa ditemukan saat menyusuri pasar tradisional india. Namun, sangat disarankan untuk memilih restoran dengan kebersihan yang terpercaya untuk menghindari bakteri kotor yang mungkin melekat di jajanan pasar. Temukan rekomendasi tempat makan enak dari penginapan atau orang lokal!

11. Menjadi Vegetarian Menyelamatkan Perutmu Saat Liburan Ke India

Foto: pinterest

Sebagai negeri dengan konsumsi daging yang rendah, cara terbaik menyesuaikan diri saat di india adalah menjadi vegetarian sementara waktu. Di India, pemotongan daging sapi adalah hal yang dilarang terkait kepercayaan masyarakat hindu yang menganggap sapi adalah makhluk suci. Kalaupun melihat daging di pasar, akan terlihat seperti tidak higienis karena banyak lalat berterbangan di sekitarnya. Ew!

12. Tidak Apa Untuk Mengikuti Cara Masyarakat Lokal Makan Dengan Menggunakan Tangan Kanan

Foto: pinterest

Percayalah, ini adalah hal sederhana untuk membaur dengan masyarakat lokal. Dimanapun kamu berada, saat di india kamu akan melihat semua orang mayoritas makan dengan menggunakan tangan kanannya. Namun, pastikan selalu bawa hand sanitizer ya kemana kamu pergi. Karena kamu tidak tahu pengalaman unik apa yang akan kamu temukan saat membaur dengan masyarakat di india!

13. Di India Yang Panas Dan Kering, Minum Air Kelapa Bisa Mengurangi Potensi Dehidrasi

Foto: unsplash

Kedengarannya memang sederhana, namun di India yang sangat panas dan kering, menjaga kondisi tubuh tetap lembab adalah suatu keharusan. Minum air kelapa adalah salah satu cara cerdas untuk meningkatkan elektrolit tubuh sehingga nggak mudah dehidrasi sekaligus membuat tenggorokan dan perutmu terasa segar. Ingat makanan pedas india? Minum air kelapa adalah kombinasi yang pas! Soal higienitas, perhatikan pisau dan sedotan yang digunakan ya, traveller!

14. Mencicipi Chai, Minuman Tradisional India 

Foto: indiaphile.info

Chai adalah minum tradisional india berbahan baku jahe dan kapulaga yang direbus dengan air. Cocok dikonsumsi saat pagi hari, traveller bisa menemukan minuman Chai di seluruh penjuru india. Harganya juga murah, hanya berkisar 10 rupee. Proses pembuatannya yang direbus seharusnya aman untuk dikonsumsi. Kalau tidak yakin membelinya di warung-warung yang tersebar di India, kamu bisa memesannya di restoran terpercaya disana.

15. Tidak Usah Terlalu Pedulikan Tatapan Orang Lokal Saat Mengeksplor Pusat Kota Atau Destinasi Wisata Populer India

Foto: heriand

Menyusuri jalan-jalan di india berarti siap ditatap oleh orang asing di sekitarmu. Ini sudah menjadi kebiasaan orang lokal yang penasaran ketika melihat turis. Sebaiknya diam saja, dan jangan membalas dengan senyum karena malah akan dianggap memberi respon. Tapi, hal ini tentunya tergantung dimana kamu berada. Apabila kamu ikut dengan rombongan tur dan sedang berkunjung ke desa wisata, tentunya sebagai traveller harus bisa cair membaur. Ini pun karena ada tour guide lokal yang menjagamu dan juga karena bersama rombongan. Be safe on travel!

16. Kamu Akan Menemukan Banyak Pengemis Di Tempat-Tempat Wisata Populer, Jangan Berikan Mereka Uang!

Foto: flickr

Kesenjangan sosial dan ekonomi yang begitu besar di India membuatmu menemukan pengemis di berbagai sudut kota. Bila memang berniat memberikan mereka sesuatu, sangat disarankan jangan memberi uang. Karena memberikan uang sama saja dengan mendukung bos para pengemis ini. Akibatnya, banyak anak-anak dan perempuan yang diculik dan dipaksa mengemis. Lebih baik berikan mereka sesuatu yang dapat dikonsumsi, seperti buah, makanan, atau obat-obatan.

17. Atur Jadwal Perjalananmu Supaya Tidak Melampaui Larut Malam Demi Alasan Keamanan 

Foto: flickr

PlesirDunia.com tidak merekomendasikan untuk keluar lewat dari sore hari saat liburan di india, kecuali kamu berpergian bersama rombongan. Karena di India, tidak banyak perempuan yang terlihat keluar hingga malam hari untuk alasan keamanan. Kalau perlu, di siang hari pun para traveller wanita gunakan saja cincin untuk menjagamu dari pertanyaan yang membuatmu tidak nyaman.

18. Memesan Taksi Dari Konter Taksi Pra-Bayar Lebih Aman Dibandingkan Memberhentikan Taksi Di Luar Bandara

Foto: unsplash

Becak otomatis dan taksi adalah transportasi utama di kota-kota besar india. Apabila kamu baru sampai di bandara india, sangat disarankan pesan taksi dari konter pre-paid taksi agar lebih aman dari calo yang seenaknya menaikkan tarif taksi. Lebih baik aman daripada kena tipu calo kan, travellers?

19. Menyewa Mobil Sekaligus Sopir Adalah Cara Teraman Bagi Turis Saat Berkunjung Ke India

Foto: pinterest

Memang, transportasi kereta api lebih ekonomis untuk perjalanan singkat. Namun, suasananya yang penuh sesak sehingga tidak nyaman tentu tidak menyenangkan bagi turis sepertimu. Pilihan bagus adalah menyewa mobil beserta sopir yang akan membuat perjalananan ke india lebih aman, terutama jika ingin berpindah dari satu ke negara bagian lainnya. Namun, bila tidak tahan dengan kemacetan di sepanjang kota, kamu bisa mengikuti walking tour dari agen perjalanan lokal.

20. Mencoba Road Trip Untuk Mengeksplor Negara Bagian India Lainnya? Kemudi Setir Mobil India Ada Di Sebelah Kiri!

Foto; pinterest

Ditelusuri dari sejarah, Inggris memberikan pengaruh kuat terhadap budaya dan kebiasaan masyarakat lokal india. Salah satunya adalah mengenai letak kemudi setir yang berada di kiri dan cara mengemudi di sisi kiri jalan. Namun, di India, segalanya bisa saja terjadi.

Pengemudi yang ugal-ugalan mungkin saja kamu temui di perjalanan dan menyetir mobil di sisi jalan yang salah. Lebih baik percayakan kemudi setir dengan supir yang sudah satu paket dengan mobil sewamu, mereka lebih paham bagaimana kondisi jalanan di india. Opsi lain, naiklah kereta atau pesawat untuk menghindari jalanan india yang lumayan berbahaya dan sangat bergelombang yang malah bisa membuatmu pusing sepanjang perjalanan.

21. Membeli Tiket Kereta First Class Maharaja Express Adalah Cara Paling Nyaman Dan Murah Untuk Berpindah Ke Negara Bagian India Lainnya

Foto: telegraph.co.uk

Untuk penggunaan kereta dalam aktifitas sehari-hari di India, mungkin tidak terlalu nyaman karena sangat padat. Namun, kamu bisa mencoba naik kereta api first class seperti Maharaja Express sekali saja untuk berpindah ke negara bagian utara India. Hal ini merupakan satu cara untuk berpergian jauh dengan nyaman namun tetap on budget dibandingkan naik pesawat , atau menyewa mobil. Sementara itu, perjalanan dengan bis biasanya memang lebih murah, namun tanpa penyejuk ruangan yang malah membuat perjalananmu kurang menyenangkan. Pilihan tergantung kamu, travellers!

22. Cobalah Naik Auto Rickshaw Untuk Pengalaman Unik Liburan Di India 

Foto: unsplash

Bayangkan berjalan di tengah-tengah kota india yang padat, berdebu, dan panas dari atas becak otomatis yang meliuk-liuk melewati semua tantangan di jalan tidak lebih dari 30 menit. Pengalaman ini akan jadi memori yang mendebarkan sekaligus tak terlupakan! Bagi kamu yang nggak terlalu kuat dengan suara jalanan yang kelewat bising, pakailah penutup telinga. Atau sunglsess dan bandana untuk menyelamatkanmu dari cuaca panas berdebu!

23. Sediakan Gembok Ekstra Saat Menyimpan Kopermu Di Kamar Hotel/Loker

Foto: google

It’s good to doubled your security when you’re in India. Hal ini berarti juga terkait soal koper atau ransel yang disimpan di kamar hotel. Daripada kejadian tidak diinginkan terjadi saat travelling, lebih baik bawa gembok ekstra saat perjalananmu ke india ya, travellers! Oh ya, jangan lupa untuk menggunakan air mineral saat waktunya sikat gigi untuk mencegah bakteri dari air keran masuk ke dalam tubuh! Selain itu, biasakan dirimu menggunakan toilet jongkok yang akan kamu temukan di beberapa penginapan lokal di india. Soal colokan listrik di india? Bawalah colokan listrik 3 pin ketika liburan ke india.

24. Rajasthan, Tempat Beragam Kain Sari India Warna-Warni Dan Karya Seni Lokal Unik Berkumpul

Foto: Mitchell Ang – Unsplash

India terkenal dengan kain sari warna-warni yang bisa dijadikan oleh-olehmu nanti. Temukan beragam pilihan kain bordir warna-warni, miniatur bangunan khas india, lukisan lokal, boneka unik dari bubur kertas, serta sepatu kulit dengan detail sulam hanya di Rajasthan India.

25. Mau Cari Perhiasan Antik India? Datanglah Ke Ganesh Emporium di Udaipur! 

Foto: pinterest

Liburan ke india akan terasa menyenangkan bila kamu menyempatkan wisata belanja ke Ganesh Emporium di Udaipur India. Disini traveller bisa menemukan sebuah pusat perhiasan dan kain antik yang dikumpulkan dari seluruh penjuru negeri india.

26. Sempatkan Menambah Koleksi Batu Permata Dari Jaipur India, Melihat Detail Keramik ala Taj Mahal di Agra, Atau Membeli Kain Sutra di Varanasi.

Foto: pinterest

Untuk teksil dan karya seni sudah bisa kamu temukan di Rajasthan dan Udaipur. Bila memang ada kesempatan mampir ke kota Jaipur India, jangan lupa melihat koleksi batu permata berharga. Disini kamu juga bisa menemukan berbagai hasil karya seni tembikar kaca yang indah. Sementara itu, marmer dengan detail rumit yang dihiasi oleh batu mulia yang terinspirasi oleh Taj Mahal pun bisa kamu dapatkan di Agra. Atau berbelanja kain sutra dan sari di Varanasi bisa dijadikan agenda wisata belanja india dalam perjalananmu kali ini!

27. Lepas Sepatumu Dan Bawa Penutup Telinga Ketika Memasuki Kuil-Kuil Suci di India Yang Ramai

Foto: unsplash 

Di kuil-kuil yang menjadi pusat spiritual kepercayaan hindu ini, hormatilah kebiasaan masyarakat lokal yang selalu melepas sepatu sebelum masuk ke dalam kuil. Dengan kondisi yang ramai dan padat, traveller mungkin akan menemukan suasana yang terlalu bising, sehingga membawa penutup telinga bisa membantu meredam suara agar bisa lebih damai dalam menikmati suasana spiritual di kuil.

28. Gunakan Pakaian Longgar & Moneybelt Demi Alasan Keamanan

Foto: pinterest

Bagi pelancong wanita, sangat disarankan menggunakan moneybelt untuk menaruh paspor dan uang agar lebih aman dari copet saat berpergian di jalanan india. Pakailah pakaian dan celana longgar yang sopan dengan bahu tertutup saat liburan ke india. Traveller wanita juga bisa menambahkan syal sebagai tutup kepala. Sebisa mungkin pergilah dengan rombongan bila liburan ke india atau saat mengunjungi festival budaya india.

29. Toilet Umum Di India Cenderung Kotor Dan Tidak Nyaman, Bawalah Female Urination Device Sebagai Penyelamatmu Ketika Tidak Menemukan Toilet Yang Bersih

Foto: google

Ini mungkin kedengarannya menjijikan. Namun, percayalah, di India sulit sekali menemukan toilet umum yang bersih. Oleh karena itu, bagi traveller wanita, bawalah alat yang membantumu untuk membuang air kecil dengan cara yang lebih aman—dan higienis tentu saja. Perangkat ini memungkinkan pelancong wanita berdiri dan pipis tanpa perlu ribet dalam perjalanan.

30. Menyaksikan Kehidupan Royal Tiger dan Gajah di Alam Liar Dengan Mengunjungi The Jim Corbett National Park, Taman Nasional Tertua di India

Foto: flickr

Didirikan sejak tahun 1936, Taman Nasional ini didedikasikan untuk Corbett, seorang pemburu legendaris yang berubah menjadi konservasionis. Lokasinya berada di kaki bukit Himalaya seluas 500 km2 dimana turis yang berwisata safari kesini bisa menyaksikan berbagai macam medan alam liar, mulai dari hutan, sungai, dan rawa. Tak hanya bisa melihat kehidupan gajah dan royal tiger di alam liar,The Jim Corbett National Park juga dihuni oleh spesies macan tutul, kucing hutan, beruang sloth, serigala, dan kijang. Dikenal juga sebagai “Taman Gajah” dimana traveller bisa datang ke Sungai Ramganga, tempat terbaik untuk melihat gajah-gajah tersebut. Bulan terbaik untuk kesini adalah Oktober hingga Juni.

31. Jelajahi Kerala Backwater Yang Menakjubkan

Foto: Aditya Ramkumar – Unsplash

Dikenal sebagai jalur sungai berliku dengan kanal dan danau yang membentang hingga 80 km. Keunikan penjelajahan kerala akan terasa makin tak terlupakan ketika traveller menyewa sebuah kapal tongkang lokal yang dulunya dipakai sebagai kapal pengangkut padi dan biji-bijian hasil pertanian masyarakat lokal. Kini, kapal tersebut dimanfaatkan untuk mengangkut turis yang ingin melihat keajaiban Sungai Kerala.

32. Golden Triangle India, Destinasi Wisata Favorit Para Turis Dunia

Foto: pinterest

Delhi, Agra, Jaipur adalah tiga kota yang paling banyak dikunjungi pelancong dari berbagai negara dunia. Tiga kota ini dikenal sebagai Golden Triangle India karena di dalam peta, ketiganya membentuk segitiga sama sisi dengan jarak 200-250 km di tiap sisinya. Fakta yang menarik, bukan? Jalur rel kereta dan jalan pun sudah terhubung baik diantara ketiganya. Segitiga inilah yang dijuluki “emas” karena kemegahan, kekayaan budaya, dan peninggalan sejarah yang luar biasa di masing-masing kota tersebut.

33. Yoga Retreat di Rishikesh Jadi Salah Satu Cara Menemukan Kedamaian Spiritualitas di India 

Foto: pinterest

Pecinta yoga atau sekedar ingin merasakan kedamaian melalui yoga? Sempatkan diri ikut serta dalam Festival Yoga tahunan di Rishikesh. Disini traveller akan diajari berbagai gaya yoga yang berbeda, seperti Kundalini, Power Vinyasa, Iyengar, dan Kriya oleh guru-guru spiritual yang dihormati di India! Waktu terbaik berkunjung adalah bulan Maret. Nikmati kedamaian spiritual dari tepi sungai suci di India, Sungai Gangga.

Hiruk pikuk kota akan terasa dari bunyi klakson kendaraan yang lewat. Di sisi lain, kamu akan mendengar suara burung gagak di kuil-kuil bersejarah. Wewangian dupa dan rempah-rempah akan membersamai perjalananmu saat di india. Namun, di balik keriuhan itu semua, India sebenarnya adalah kota megapolis dengan mayoritas populasi anak muda terbanyak, dengan ekonomi yang dinamis. Mungkin kamu juga akan menemukan potret kemisikinan di beberapa sudut kota, tapi di sisi lain, anak-anak muda penuh semangat merintis bisnis disana dengan memegang teguh tradisi budaya lokal! Itulah India dengan segala keajaibannya!



Apakah kamu sudah pernah pergi ke india? Tips apa yang ingin kamu bagikan kepada readers lainnya? Atau kamu berencana pergi ke india dalam waktu dekat? Share di kolom komentar dan bagikan artikel ini ke temanmu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *